Coban Talun

Coban Talun

Coban Talun, terletak di Dusun Junggo Desa Tulungrejo Kec. Bumiaji Batu
Kondisi jalan menunju lokasi sudah bukan berupa aspal mulus, melainkan jalan berbatu namun menurut perkiraan saya masih cukup aman untuk dilewati. Setelah melewati gerbang lokasi wisata, kondisi jalan berganti menjadi jalan tanah dan pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya di berbagai sudut areal parkir yang beralaskan rumput.
Selain objek wisata air terjun dilokasi ini, terdapat pula objek wisata lain berupa gua jepang.
Dari lokasi parkiran, diperlukan jalan kaki kurang lebih 1 km, melintasi hutan dan sungai yang ternyata merupakan bagian atas dari air terjun. Air terjun itu sendiri terletak didasar tebing sungai dan untuk mencapainya harus melewati sebuah jalan tanah berkelok-kelok disisi tebing. Kondisi jalan setapak tersebut cukup curam dan karena hanya terbuat dari tanah maka bisa dipastikan akan sangat licin saat hujan tiba. Beberapa bagian jalan malah sudah hilang trap/undakan tangga tanahnya, berubah menjadi lereng tanah curam yang membutuhkan perhatian ekstra agar tidak tergelincir atau terperosok saat melintasinya.
didasar tebing,terdapat berbagai batu besar berwarna putih nampak mendominasi isi sungai. Dasar air terjun yang ada letaknya tersembunyi dibalik bongkahan batu besar. Perlu perjuangan tersendiri untuk melewati batu-batu besar tersebut, mengingat terkadang jarak antara batu-batu tersebut dipisahkan oleh tebing batu yang meskipun tidak tinggi namun cukup curam untuk dilompati.

Jalan Menuju Coban Talun

Jalan Menuju Coban Talun

Tiba didasar air terjun, terlihat kolam penampungan, limpahan airnya tidaklah dalam. Padahal ketinggian air terjun Coban Talun cukup tinggi. namun debit air yang tidak begitu besar mungkin menjadi alasan mengapa kolam penampungan limpahan airnya tidaklah dalam.Air jernih dan dingin mengalir di sungai yang dangkal.
Secara keseluruhan tidak ada yang istimewa di lokasi wisata ini. Nampaknya hanya mereka yang senang berkemah atau pecinta alam yang cocok datang kelokasi ini dikarenakan medannya yang cukup sulit, maka sangat jauh untuk bisa dibilang sebagai wisata keluarga. Pembenahan kondisi jalan menuju air terjun nampaknya mutlak perlu segera dilakukan bila ingin meningkatkan jumlah pengunjung. Bila hal itu dilakukan, setidaknya itu akan memudahkan bagi pengunjung untuk mendatangi lokasi air terjun tanpa merasa was-was tergelincir saat menaiki/menuruni tebing.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sumber Cerita : Rangkuman beberapa Link
Sumber Gambar : http://www.wijanarko.net/2011/06/kota-batu-sulit-mencapai-coban-talun.html

So Guy’s Selamat Membaca dan semoga bermanfaat..
All Exspressive – Still Enjoy With Family

Komentar anda ??

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s