Planet Asing Gliese 581g

Posted: 12/12/2011 in LAIN-LAIN
Tag:, , ,

glise orbit

glise orbit

Gliese 581 g atau Gl 581 g, adalah planet luar surya yang mengorbit bintang katai merah Gliese 581, berjarak 20,5 tahun cahaya dari bumi pada rasi Libra. Gliese 581 g merupakan planet keenam yang ditemukan pada sistem planet Gliese 581dan planet keempat yang terdekat dengan bintang tersebut. Planet ini ditemukan oleh Survei eksoplanet Lick-Carnegie setelah pengamatan selama satu dekade. Penemuan Gliese 581 g diumumkan pada akhir bulan September 2010, dan dipercaya sebagai planet yang hampir mirip dengan bumi serta calon planet luar surya dengan potensi terbesar untuk menemukan adanya kehidupan. Deteksi Gliese 581 g pada periode waktu yang singkat menyebabkan astronom mempercayai proporsi bintang dengan planet yang dihuni kemungkinan lebih dari 10%.
Steven Vogt, astronom yang menemukan planet ini, secara informal menamakan planet ini Zarmina yang merupakan nama istrinya.

Beberapa waktu lalu, seorang wanita Spanyol bernama Angeles Duran mendaftarkan dirinya sebagai pemilik Matahari di kantor notaris negara setempat. Menurut rencana, ia kemudian akan mengenakan tarif pada setiap orang yang menggunakan energi matahari.
Kini, dua orang warga negara Amerika, Jason Connell dan Alison Tippins, mengklaim bahwa mereka memiliki planet Gliese 581g, sebuah planet ekstra surya. Keduanya mengatakan, mereka akan mendaftarkan kepemilikan planet yang baru saja ditemukan itu ke PBB.
Planet Gliese 581g merupakan planet yang terletak di konstelasi Libra dan mengorbit bintang Gliese 581. Para ilmuwan mengatakan, planet itu memiliki ukuran pas dan jarak yang tepat dari bintangnya sehingga menjadikannya berpotensi memiliki air dan menunjang kehidupan, sama seperti Bumi.

Gliese 581 g

Gliese 581 g

Tak hanya memiliki, dua warga negara Amerika yang berprofesi sebagai wirausahawan itu juga telah menjual tanah di planet Gliese 581g di eBay. Jika membuka eBay, Anda bisa melihat planet tersebut dijual dengan harga 20 dollar AS per 4 hektar tanah.
Dalam iklannya, dua orang wirausahawan itu mengatakan, dengan biaya hanya 20 dollar AS tersebut, pembeli sudah akan menerima akta tanah yang disegel resmi, foto kualitas tinggi yang merepresentasikan Gliese 581g dan bintangnya, serta salinan ketentuan di planet tersebut.
Connel dan Tippins juga mengubah nama planet tersebut menjadi Zarmina. Mereka menjual iming-iming agar orang tertarik. Misalnya, mereka menjual sebuah fakta bahwa satu tahun di planet tersebut adalah 37 hari sehingga usia harapan hidup otomatis meningkat menjadi 749 tahun.

orbit comparison full

orbit comparison full

Untuk memperjuangkan kepemilikan dan bisa menjualnya, Connel dan Tippins memakai alasan yang sama seperti Angeles Duran. Ketentuan PBB hanya memuat aturan dilarangnya suatu negara memiliki benda langit, tetapi tidak secara jelas melarang individu untuk memilikinya.
Meski fakta tentang planet Gliese 581g sendiri masih menjadi perdebatan, tak bisa dimungkiri penemuannya menyedot banyak perhatian. Temuan planet ini masuk dalam beberapa daftar penemuan terbaik sepanjang 2010, seperti versi Majalah Time, National Geographic, dan Nature.

Sumber Cerita : http://id.wikipedia.org/wiki/Gliese_581_g

Sumber Cerita : http://sains.kompas.com/read/2011/01/05/09592184/Tanah.di.Planet.Asing.Gliese.581g.Dijual

Sumber Gambar : http://www.nasa.gov/topics/universe/features/gliese_581_feature.html

So Guys…selamat membaca dan berbagi pengetahuan…

All Exspressive – Still Enjoy With Family

Komentar anda ??

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s